Cara Merawat Anjing Rottweiler Penjaga Rumah

By | January 29, 2019

Anjing adalah salah satu hewan mamalia yang terkenal dengan kecerdasannya dan mempunyai sifat setia terhadap manusia yang merawatnya. Tidak salah jika seekor anjing dijadikan teman, terlebih anjing termasuk hewan yang mudah dalam perawatannya. Anjing selain terkenal karena kesetiannya, jua dikenal sebagai hewan yang mempunyai emosional terhadap hal-hal sekitar.

anjing rottweiler

anjing rottweiler

Dalam artian Anjing dapat mengenal perasaan senang, sedih, marah bahkan bahaya. Maka dari itulah, Anjing sangat cocok dijadikan peliharaan di rumah. Jenis anjing ras terbaik sendiri sangatlah banyak dan juga mempunyai berbagai macam bentuk dan ukuran, di mana pada setiap jenisnya mempunyai karakter sifat dasar yang berbeda-beda.

Salah satu jenis Anjing yang termasuk pintar dan dapat dijadikan sebagai penjaga ada Rottweiler yang dikenal sebagai Anjing pekerja atau working dog, di mana jenis ini sendiri sering terlihat bersama para penegak hukum sebagai Anjing pelacak dan lainnya.

Akan tetapi Rottweiler sendiri juga dapat dijadikan anjing rumahan dengan sifat yang menggemaskan dan juga lucu. Dalam artikel ini sendiri akan dijelaskan mengenai sejarah dan profil Anjing Rottweiler serta bagaimana cara melatihnya.

Cara Merawat Anjing Rottweiler Yang Terkenal Gagah

Setiap jenis Anjing yang ada di dunia, selalu mempunyai cerita yang sangat panjang. Termasuk juga pada Anjing Rottweiller, di mana anjing yang dikenal pintar ini mempunyai sejarah dan juga profile yang panjang. Di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang sejarah dan profile Anjing Rottweiler :

Sejarah Anjing Rottweiler

Sejarah dan profil Anjing Rotweiller dipercaya berawal dari jaman Romawi. Di mana Anjing ini merupakan hasil persilangan yang bermula dari anjing gembala. Bangsa Romawi membawa anjing-anjing mereka dan dikawinkan dengan anjing gembala yang ada didaerah tempat mereka menetap.

Setelah beberapa kali persilangan, munculah jenis anjing yang terkenal sangat pintar dan mampu menjaga sapi dan juga hewan ternak lainnya. Hasil dari persilangan ini banyak sekali ada di jaman Kerajaan Rottweil dan akhirnya jenis Anjing ini bernama Rotweiller.

Kota Rottweil pada abad ke 19 merupakan sebuah pusat perdagangan sapi, dimana sapi dan hewan ternak lainnya di gembala dari daerah Breisgau, Elsass dan Neckertal. Dalam perjalanan pengembalaan inilah para pemilik ternak memerlukan seekor anjing yang dapat menjaga mereka dari serigala dan juga para perampok, di mana para pengembala membutuhkan anjing yang kuat, gagah dan juga pintar. Maka dari itu para pengembala selalu membawa Anjing Rottweiler ini.

Namun dengan perkembangan waktu para peternak tidak membutuhkan anjing sebagai pengantar mereka, karena sudah bermunculan alat transportasi yang dapat membawa ternak dengan aman.

Sejarah dan profil Anjing Rottweiler berubah pada awal abad ke 20, dimana para orang selalu mengingat sifat dari Rottweiler yang sangat istimewa ini.

Pada tahun 1910 akhirnya Anjing Rottweiler ini resmi menjadi salah satu anjing kepolisian yang sangat berjasa. Selain itu, Anjing ini juga selalu menjadi panutan dimana Rottweiler mampu memahami segala macam tentang kepatuhan, ketangkasan dan juga kepintaran mereka.

Namun, ada perbedaan pendapat tentang nenek moyang dari anjing ini. Di mana banyak sekali peneliti yang percaya bahwa Rottweiler merupakan versi German Shepherd yang awal. Dengan adanya perbedaan pendapat ini, maka banyak juga yang menyadari bahwa asal mula anjing ini masih belum jelas. Namun, dapat dipastikan jika memang Rottweiler merupakan salah satu Anjing dengen kecerdasan dan juga kekuatan sangat mengagumkan.

Profil Anjing Rottweiler

Sejarah dan Profil Anjing Rottweiler sendiri dapat Anda lihat dari segi penampilan yang memang mempunyai karakteristik yang sangat khas. Rottweiler mempunyai tubuh yang terkesan maskulin dan juga berotot dengan dada yang lebar dan masuk ke dalam, di mana pada arah pinggang terlihat mengecil.

Penampilannya ini membuat sang anjing terkesan menakutkan dan galak. Rottweiler mempunyai moncong berbentuk persegi dan mempunyai tengkorak yang tebal, mata seperti almond dan berwarna coklat, selain itu Anda dapat melihat bentuk segitiga pada telinganya. Sangat jarang dapat menemui seekor Rottweiler yang mempunyai ekor yang gemuk. Selain itu yang khas dari anjing ini adalah punggung yang melengkung dan anjing ini terlihat sangat besar.

Sejarah dan profil Anjing Rottweiler yang selanjutnya adalah dapat Anda lihat dari bulu yang dimilikinya. Rottweiler umumnya mempunyai warna bulu hitam klasik dan juga garis dengan warna tan yang mirip dengan jenis Dobermen Spincher. Belang tan yang dimiliki Rottweiler ini sendiri terletak pada alis, moncong, cakar, di bawah ekor, kaki, dan kadang-kadang di dada mereka.

Rottweiler mempunyai bulu dengan tekstur kasar dan lurus serta terlihat sangat mengkilap. Anjing ini sendiri masuk dalam kategori Anjing berbulu lapis tunggal, kecuali untuk bagian leher dan pahanya yang mempunyai bulu lapis ganda.

Sejarah dan profil Anjing Rottweiler selanjutnya adalah dari berat tubuh mereka. Pada Rottweiler jantan rata-rata mempunyai tinggi 61-69 cm, sedangkan untuk betina 56-63 cm.

Biasanya jika pada Rottweiler betina yang mempunyai tinggi kurang dari ukuran rata-rata akan dianggap buruk pada fisik dan dianggap gagal pada pembibitannya.

Adapun masalah kesehatan yang sering kali dialami oleh anjing ini. Sama seperti 95% jenis anjing ras lainnya, di mana Anjing Rottweiler biasanya dapat terserang beberapa penyakit turunan.

Beberapa kondisi kesehatan turunan yang sering menyerang Anjing Rottweiler adalah displasia pinggul dan beberapa masalah mata. Anjing ini sangat rentang terhadap displasia pinggul jika mempunyai berat badan yang berlebih dan juga faktor usia.

Cara Melatih Anjing Rottweiler Yang Baik Dan BEnar

latihan rottweiler

latihan rottweiler

Setelah mengenal tentang sejarah dan profil Anjing Rottweiler, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara untuk dapat melatih anjing ini. Rottweiler mempunyai reputasi yang sedikit buruk, di mana mereka dapat menjadi sangat agresif dan tidak ramah terhadap manusia. Akan tetapi kondisi tersebut terjadi apabila anjing ini dilatih dengan cara yang kasar dan juga negatif.

Agar mendapatkan seekor Rottweiler yang berkualitas, Anda dapat melakukan pelatihan dengan cara yang halus dan tegas. Tegas yang dimaksud bukanlah dengan cara kasar, seperti lebih mengedepankan melatih dengan kasih sayang. Pada kenyataannya anjing ini sendiri sangatlah mudah untuk dilatih dan juga mereka sangat cepat tanggap.

Latihlan Rottweiler agar dapat mengatur tenaga mereka yang besar dengan diajak bermain dan juga jalan-jalan, Anda dapat juga melakukan olahraga seperti lempar bola atau frisbee dan juga jogging. Untuk melatih ketangkasan dan kecerdasannya Anda dapat memberikan pelatihan seperti, duduk, berdiri, tunggu dan juga lainnya.

Usahakan memberikan latihan dengan penuh kasih sayang, seperti pemberian snack kesukaan mereka dan juga usapan lembut pada tubuh. Percaya atau tidak, seekor anjing dapat melihat kasih sayang yang diberikan oleh tuannya. Selalu mengatakan hal positif dan tidak membentak anjing menjadi salah satu cara yang tepat. Akan tetapi bagi Anda seorang pemula lebih baik Anda berpikir dua kali jika ingin menghandle Rottweiler ini, terlebih anjing ini dapat agresif apabila salah penanganan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *