Jenis kucing tanpa bulu dengan muka teraneh

By | March 30, 2016

Mayoritas kucing yang dipelihara manusia berasal dari ras kucing lucu dengan bulu-bulu lebat yang indah. Namun meski begitu ada beberapa kucing dengan bentuk muka aneh yang justru menjadi hewan kesayangan, dan bahkan dianggap lucu dan menggemaskan. Mungkin hanya sebuah bentuk kecintaan terhadap kucing sehingga kucing muka teraneh malah menjadi koleksi hewan kesayangan di rumah.

Penasaran dengan kucing muka teraneh di dunia? Cek list-nya berikut ini.

Kucing Peterbald

Kucing Peterbald berasal dari Rusia yang namanya mulai populer tahun 1997 silam. Kucing Peterbald sendiri konon keturunan ras kucing Varvara. Ciri khas kucing ini sama sekali tidak memiliki bulu. Bisa ditebak, Peterbald tidak tahan dengan sinar matahari karena kulitnya akan terbakar karena tidak ada bulu yang melindungi.

Kucing Peterbald memiliki keunikan lain yaitu bentuk kaki yang sangat mirip dengan kaki primata. Dengan sendirinya ia juga memiliki keahlian menangkap dan menahan obyek sama persis seperti kebiasaan hewan primata. Selain tidak memiliki bulu, ciri-ciri kucing Peterbald adalah bentuk tubuhnya panjang, kurus (langsing), matanya menyerupai biji almond dengan telinga besar dan runcing.

Kucing Sphynx

Sama seperti Peterbald, Sphynx adalah jenis kucing yang tidak mempunyai bulu, namun kadang masih ditumbuhi bulu-bulu halus. Bulu-bulu halus tersebut aktif memproduksi minyak sehingga akan meninggalkan bekas lemak / minyak ditempat kucing Sphynx berada.

Kucing Sphynx memiliki keunikan yang cukup menggelikan yaitu alergi berlebihan. Setiap kali ia menghirup kulit mati ditubuhnya spontan ia akan bersin-bersin. Ciri khas lain dari kucing Sphynx yaitu telinga besar dan matanya besar.

Kucing Ukrainian Levkoy

Pada Januari 2004 silam seseorang bernama Elena Vsevolodovna berhasil mengukir sejarah dengan menciptakan kucing Ukrainian Levkoy, yang merupakan kucing hasil perkawinan silang. Kucing muka teraneh ini mempunyai ciri khas telinga berlipat dan bentuk mata yang besar cenderung lebar.

Kucing Ukrainian Levkoy ini benar-benar aneh karena bentuk mukanya sangat mirip dengan muka anjing. Sama seperti kucing Peterbald dan Sphynx, kucing Ukrainian Levkoy juga tidak ditumbuhi bulu. Meskipun begitu kucing ini mempunyai kulit yang halus. Hebatnya kucing Ukrainian Levkoy mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya karena termasuk kucing aktif dan ramah.

Kucing Cornish Rex

Meskipun juga menyandang predikat kucing muka teraneh namun Cornish Rex adalah kucing yang memiliki penampilan paling eksklusif. Sulit mendeskripsikan warna bulu kucing ini, namun sekilas nampak seperti perpaduan warna abu-abu, hitam, putih, dan cangkang kura-kura. Konon Cornish Rex mempunyai genetika jantan Kalibunker dengan ciri khas bentuk tubuh yang panjang atau sering disebut Quails Nest Kissing Time of Bosca.

Cornish Rex pantas disebut kucing muka teraneh karena memiliki tulang pipi yang cukup menonjol, hidungnya panjang, dagu yang kuat, dan kaki-kakinya lebih panjang dari kaki kucing pada umumnya. Meskipun begitu kucing Cornish Rex ini memiliki rambut yang sangat halus dan indah.

Related artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *